Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Trik Mengambil Foto Dengan Hasil Keren Dengan Hanya Modal Smartphone

Trik mengambil foto yang keren dengan menggunakan kamera ponsel - Seperti jika ketahui bersama bahwa memang dulu, untuk menghasilkan foto yang menabjubkan maka untuk memotret perlu membutuhkan kamera yang bernama DSLR. Dan untuk membeli sebuah kamera DSLR maka perlu merogoh kocek yang tak sedikit alias mahal. Dan apabila dulu kita mengandalkan kamera ponsel untuk memotret maka hasilnya pun masih sangat jauh dengan kamera DSLR karena dahulu kamera pada ponsel hanya dibekali dengan lensa rata-rata VGA dan paling tidak memiliki resolusi 2MP.

Lain dulu lain sekarang, dengan demikian kalian bisa membandingkan sendirilah bagaimana hasil kualitas foto keluaran ponsel jaman dulu dengan keluaran saat ini. Dengan didukungnya kamera ponsel yang sudah canggih seperti pada zaman sekarang ini dunia fotografi pun makin ramai, karena dengan memanfaatkan kamera ponsel kita bisa mengabadikan momen-momen terindah. Kemudian diperluas dengan mengunggahnya pada sosial media.

Karena ponsel saat ini sudah memiliki lensa yang keren, canggih serta hasilnya tak jauh berbeda dengan camera DSLR maka kali ini kita akan memberikan trik mengambil foto dengan menggunakan smartphone agar foto yang dihasilkan makin keren, bagus serta menarik perhatian ala fotografer profesional.

7 trik keren mengambil foto/gambar dengan modal kamera smartphone :


1. Potret objek dengan cukup cahaya
Saat mengambil foto pada tempat yang terang atau gelap akan menghasilkan hasil foto yang berbeda-beda. Karena hasil akan cenderung lebih bagus dengan objek pada tempat yang terang. Jika ingin memotret pada indoor dengan menggunakan flash usahan hindari objek yang memantulkan cahaya, seperti kaca, plastik atau kertas. Dan perlu diingat juga bahwa Kamu perlu mengatur jarak yang efektif sekitar 2-3meter saat mengambil foto dengan menggunakan smartphone.
2. Jangan gunakan zoom
Kamera smartphone dikenal dengan ranah fotografi dengan lensa sudut lebar, maka kenapa objek akan terlihat lebih kecil dibandingkan dengan aslinya. Nah, untuk itu sebisa mungkin hindari memotret dengan melakukan zoom, lebih baik mendekatlah ke objek, karena zooming akan menurunkan resolusi sehingga hasilnya akan terlihat pecah serta kurang tajam, dan degradasinya akan membesar

3. Gunakan tripot/pegang hp se stabil mungkin

Nah, buat Kamu yang memiliki uang lebih, maka bisa memanfaatkan sebah tripot karena dengan bantuan tripot hasil potret yang dihasilkan akan cenderung lebih stabil karena akan terhindar dengan yang namanya gerakan atau goyangan. Namun jika hanya mengandalkan tangan saja maka perlu memotret se stabil mungkin. Disini Kalian bisa memanfaatkan benda sebagai penyetabil/sandaran saat mengambil foto seperti pohon atau tembok untuk membantu menstabilkan tangan saat ingin mengambil foto.

4. Potretlah dari tempat yang tidak biasa dilakukan
Jika mengambil foto dari sudut pandang atau tempat yang biasa, maka hasilnya pun juga akan terlihat biasa saja. Maka dari itu usahakan untuk mengambil foto dari sudut yang tidak biasa seperti memotret sambil jongkok dari sudut objek yang lebih rendah. Sehingga nanti foto yang dihasilkan akan memberikan nilai atau pesan khusus yang tidak biasa dilihat oleh mata manusia.


5. Perhatian tombol shutter

Tidak semua smartphone memiliki shutter speed yang bisa menangkap gambar secepat kamera DSLR. Maka dari itu saat hendak memotret sebuah objek maka tunggulah terlebih dahulu beberapa saat. Jangan langsung menggerakkan smartphone yang sedang di pegang dan pastikan masih stabil agar hasil nanti tidak blur/buram.

6. Ambillah foto sesering mungkin
Jangan lah ragu untuk mengambil banyak foto karena kita hidup sudah bukan jaman dahulu lagi. Jika dulu menggunakan sebuah film berapa roll film saja yang kita habiskan untuk memotret berulang ulang kali. Nah, dengan teknologi saat ini kita bebas mengambil foto berapa saja karena jika tak puas tinggal hapus saja. Dengan teknik mengambil foto sesering mungkin maka kemungkinan foto atau gambar yang dihasilkan akan semakin banyak pula dan nanti tinggal memilihnya mana yang terbaik menurut Kalian.

7. Gunakan aplikasi edit foto terbaik
Pada kamera ponsel sudah dibekali dengan beberapa aplikasi yang keren dan bagus. Kamu bisa mencari aplikasi terbaik untuk mengedit foto. Seperti menambahkan beberapa filter yang pas untuk memperkuat kesan foto bukan untuk menghias foto. Seperti menyesuaikan kontras, vignette, crop dan lain sebagainya.

Baca Juga - 4 Aplikasi Android Untuk Buat Foto Menjadi Bokeh Layaknya Pada DSLR

8. Sering lihat hasil fotografer kelas dunia

Kalian bisa belajar dari hasil fotografer kelas dunia dengan cara melihat lihat-lihat foto-foto terbaik mereka. Niscaya dengan melihat dan belajar maka bisa memadukan teknik yang kalian miliki untuk menghasilkan foto yang terbaik dan bagus. Banyak akun official para fotografer dunia di instagram yang bisa kalian lihat.


Oke, itulah 8 trik keren mengambil foto atau gambar menggunakan kamera smartphone. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya di blog ini.