Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Efek Cinemagraph untuk Instastory dengan Android

Cinemagraphs merupakan sebuah foto atau gambar yang sebagian objeknya dapat bergerak dan nampak hidup. Teknik pembutannya merupakan sebuah gabungan dari video dan juga foto. Hasil cinemagraphs dapat bergerak akan menghasilkan yang menakjubkan jika dibuat dengan sentuhan seni yang tinggi.

Jika kalian adalah pengguna aktif media sosial seperti instagram, maka jika kalian ngaku kekinian pastinya kalian akan menemukan beberapa pengguna instagram yang berlomba-lomba membuat instastory yang menarik dimana agar terlihat lebih keren dan membuat orang yang melihatnya tertarik abis.

Cara Membuat Efek Cinemagraph untuk Instastory di Android
Dan sekarang yang masih menjadi trend di dunia intsstorie yaitu kita dapat membuat foto kita menjadi cinemagraphs. Jelas jika kalian mampu mengaplikasikan antara foto yang kalian ambil kemudian kalian edit dengan membuat efek gerakan pada objek tertentu maka hasilnya akan menghasilkan nilai seni yang tinggi dengan hasil yang menarik dan menakjubkan.

Contohnya saja kita foto di dekat pantai dan juga terlihat awan di langit. Nah, tekhnik cinemagraph yaitu dengan menggerakkan objek air lautnya dan juga awannya. Sehingga akan kesan yang dapat diambil dari sebuah foto tersebut akan terlihat nyata dan hidup.

Nah, saat ini untungnya ada sebuah aplikasi android yang tersedia untuk membuat teknik tersebut menjadi lebih mudah. Jadi bagi kalian pengguna smartphone android kini bisa membuat secara leluasa pada genggaman kalian. Dan terlebih lagi smartphone saat ini sudah cukup canggih dan bisa dibilang hasilnya bisa mendekati hasil camera Dslr. Jadi untuk hasilnya juga bakalan tidak mengecewakan.

Lalu bagaimana langkah-langkah cara membuat foto cinemagraph untuk instagram story melalui android?. Untuk caranya pun sangatlah mudah dan juga cepat. Namun untuk hasil yang lebih maksimal maka kalian tinggal melakukannya dengan teliti dan telaten. Dan untuk cara membuat nya silahkan simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara membuat cinemagraph untuk instastorie dengan android :


  • Langkah pertama yaitu silahkan kalian download aplikasi zeotropic yang ada pada google playstore. Seperti apa aplikasinya kalian bisa lihat sendiri melalui gambar dibawah ini.
aplikasi android untuk edit foto yang kekinian di instastory

  • Selanjutnya jika sudah terinstall di perangkat android kalian maka kemudian langsung buka saja aplikasi zeotropic-nya.
  • Kemudian tap tulisan zeotropic dan lanjutkan dengan memasukkan foto yang ingin kalian edit menjadi cinemagraph.
aplikasi android terbaik untuk edit foto cinemagraph
  • Langkah selanjutnya yaitu jika gambar sudah muncul pada menu zeotropic, maka silahkan tentukan objek mana yang ingin kalian gerakkan. Sebagai contoh gampangnya dibawah ini saya akan menggerakkan sebuah asap. Maka dari itu langkah awalnya silahkan kalian tap menu sekuen kemudian arahkan ke objek asap tersebut. Arah panah menunjukkan arah objek yang digerakkan namun disini kalian bebas berkreasi sesuai dengan imajinasi yang ada dipikiran kalian. 
cara edit foto cinemagraph melalui android untuk instastorie
  • Selanjutnya dengan memilih menu stabilzer. Dan kemudian letakkan pada objek yang tidak ingin ikut digerakkan.
  • Selain menggunakan stabilizer kalian juga bisa memilih opsi mask untuk menyeleksi semua objek yang tidak ingin di gerakkan. Jadi terserah kalian ingin menggunakan opsi yang mana. Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat sendiri melalui gambar dibawah ini.
cara buat cinemagraph di android untuk dijadikan instastory kalian
  • Setelah itu, lanjutkan dengan klik play untuk melihat hasilnya. Kalian bisa mengatur kecepatan penggerakan objek asap juga. Misalnya ingin dibuat lambat atau cepat. Sesuaikan dengan keinginan kalian masing-masing. Lihat pada gambar dibawah ini.
cara membuat foto cinemagraph melalui hp android
  • Jika kalian merasa hasil editan kalian sudah selesai. Kalian bisa menyimpannya dengan cara klik 3 titik pada sudut kanan atas kemudian pilih simpan/eksport video.
  • Dan kemudian lanjutkan dengan memilih tanpa logo. Seperti pada gambar yang ada dibawah ini.
cara membuat efek cinemagraph dengan android
  • Sebenarnya aplikasi ini mampu memberikan efek lagu, video lebih dari 6 detik dan menyimpannya tanpa watermark. Dan namun untuk syaratnya kalian harus mendownload aplikasinya dengan versi pro atau versi berbayar. Karena memang aplikasi yang saya gunakan ini adalah versi gratis maka maksimalnya seperti diatas.

Untuk background musik kalian bisa menggunakan aplikasi lain seperti inshot atau power director. Untuk lebih jelasnya mengenai cara memasukkan musik ke foto atau video maka silahkan baca pada artikel ini yaitu cara menambahkan  lagu / musik di instastorie agar kekinian melalui android.

Untuk hasil yang lebih maksimal silahkan kalian ambil foto yang terbaik dan pengeditan yang lebih teliti. Jika hasilnya sudah memuaskan kini tinggal kalian upload saja ke instastory. Dan sudah pasti setelah kalian upload nantinya akan banyak teman-teman kalian yang ingin bertanya bagaimana cara membuatnya.

Oke mungkin itu saja postingan artikel pada kali ini tentang cara membuat efek cinemagraph dengan android untuk di upload di story instagram. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian dan jangan lupa untuk share artikel ini ke teman atau kerabat kalian yang lain agar mereka juga dapat mengetahuinya juga. Terimakasih atas kunjungannya dan selamat mencoba tutorial diatas.