Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Mudah Memperkecil Ukuran Foto JPG di Hp Android

2 Cara Kompres Ukuran Foto Menjadi Lebih Kecil Ukurannya Lewat Hp Android - Jika kalian memiliki foto dengan ukuran file-nya terlalu besar, dan ingin memperkecilnya atau mengkompress ukuran foto tersebut. Saat ini kalian dapat melakukannya dengan bantuan sebuah aplikasi tambahan maupun tanpa aplikasi.  Kedua caranya dapat kalian lakukan hanya menggunakan perangkat android. Jadi pastinya akan lebih praktis dan simple.

Sebenarnya banyak alasan mengapa seseorang ingin mengecilkan ukuran/size foto, seperti ingin melamar pekerjaan secara online, atau mendaftarkan diri sebagai member dalam sebuah website dan lain sebagainya. Dan biasanya ketika mencantumkan atau meng-arsipkan file foto, ukuran dari foto yang kita upload juga terkadang dibatasi. Dan jika ukurannya terlalu besar maka tidak bisa untuk diupload. Dan maka dari itu yang pastinya file foto tersebut harus lah di kompres atau diperkecil.

2 Cara Kompres Ukuran Foto Menjadi Lebih Kecil Ukurannya Lewat Hp Android
Nah, buat kalian yang masih merasa bingung karena belum mengetahui tentang bagaimana cara memperkecilukuran foto tanpa aplikasi maka kalian dapat melakukannya dengan cara online. Dan terbukti merubah ukuran foto secara online ini sangatlah mudah. Jadi kalian tidak perlu menginstall aplikasi android tambahan di dalam smartphone android kalian yang membuat kalian bingung saat mencari aplikasi yang cocok digunakan.

Apalagi jika penyimpanan ruang di hp android kalian penuh, maka kalian akan disibukkan dahulu untuk menghapus atau memindahkan file tersebut agar bisa menginstall aplikasinya. Maka hal ini akan membuat repot diri anda bukan?. Jika memang demikian adanya maka saya sarankan untuk memperkecil ukuran foto secara online.

Untuk mengkompress atau mengecilkan ukuran foto yang berformat JPG secara online, memang banyak situs yang menyediakan layanan ini. Dan salah satu situs yang dapat mengkompress ukuran file foto secara online yaitu dapat dengan menggunakan menggunakan situs Tiny JPG. Sebenarnya tidak hanya foto berformat JPG saja yang bisa kalian kompres atau perkecil namun foto atau gambar berformat PNG pun kalian bisa lakukan di situs Tiny JPG.

Namun bagi kalian yang mungkin tak mau bolak-balik ke halaman situs online, kalian bisa cukup dengan sekali mendownload sebuah aplikasi yang ada pada google playstore dan kemudian bisa memperkecil ukuran foto kapan saja secara offline tanpa koneksi internet dengan menggunakan aplikasi android.

Jika kalian penasaran dengan caranya, maka baiklah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan 2 cara meng-compress atau mengecilkan ukuran foto dengan format JPG melalui hp android. Maka dari itu simak baik-baik ulasannya di bawah ini.

Cara memperkecil ukuran foto JPG di android tanpa aplikasi :


  • Langkah pertama yaitu buka situs Tiny JPG, dengan cara mengetikkan kata pencarian Tiny JPG di address bar pada browser yang kalian gunakan.
  • Kemudian setelah kalian memasuki halaman situs nya, silahkan klik pada area Drop your PNG or JPG file here.
  • Selanjutnya klik pada dokumen. Dan untuk lebih jelasnya mengenai langkah ini kalian bisa lihat melalui gambar yang ada dibawah ini.
cara memperkecil ukuran foto atau gambar tanpa aplikasi
  • Langkah selanjutnya silahkan kalian masukkan foto atau gambar yang ingin di perkecil ukurannya dari gallery smartphone kalian. Disini tidak hanya dapat memasukkan satu foto saja namun juga dapat memasukkan foto hingga 20 foto atau gambar.
  • Setelah foto kalian ter-upload kalian tinggal menunggu hasilnya saja. Karena proses pengkompresan foto ini akan berjalan secara otomatis.
  • Jika sudah selesai, selanjutnya kalian tinggal klik unduh saja. 
cara mengecilkan ukuran foto atau gambar secara online


Cara memperkecil ukuran foto di android dengan aplikasi :


  • Pertama-tama yaitu silahkan download dan install aplikasi yang bernama Photo Compress melalui Google Playstore. Untuk tampilan aplikasinya kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini.
cara kompres ukuran file foto menjadi lebih kecil dengan aplikasi android
  • Jika sudah, silahkan buka aplikasi tersebut dan silahkan pilih foto yang ingin diperkecil dari gallery kalian dengan cara menge-klik Gallery.
  • Kemudian setelah itu tinggal pilih Compress. Seperti yang terlihat pada gambar screenshot dibawah ini.
cara merubah ukuran foto menjadi lebih kecil size nya di android

  • Langkah terkahir kalian tinggal atur saja tingkat kompresi dari foto tersebut, kemudian jika sudah maka klik compress.

2 Cara Mudah Memperkecil Ukuran Foto JPG di Hp Android

  • Selesai. Silahkan kalian lihat hasil foto setelah kalian kompres tadi. Dan kalian dapat membandingkan ukuran foto dari sebelum dan sesudah di kompres. 


Oke mungkin itu saja postingan pada kali ini tentang cara memperkecil ukuran foto dengan menggunakan hp android. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian dan jangan lupa share ke teman kalian yang lain agar mereka juga dapat mengetahuinya juga. Terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa kembali di postingan artikel selanjutnya.